___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Saturday, November 26, 2011

Koreksi Besar Global: Ekonomi Cina Melambat....... dan Bangrut?

(Hampir) Semua orang....awam maupun ahli ekonomi mengatakan bahwa Cina adalah masa depan dan tempat investasi untuk masa depan. Kami di EOWI hanya bisa bilang: “Entahlah....,” saya tidak terlalu yakin, paling tidak untuk bursa sahamnya. Indeks Shanghai 10 tahun lalu nyaris sama dengan saat ini. Kalau anda membeli mutual fund saham Cina 10 tahun lalu, maka saat ini harganya tidak banyak berbeda. Memasukkan uang di bank dan memperoleh bunga deposito akan jauh menguntungkan dari pada buy and hold di sektor saham.


Saham Cina, kembali ke level nilai 10 tahun lalu.......


Setelah nilai saham kembali ke level 10 tahun lalu, sekarang muncul problem baru pula. Ekonomi terancam, kata berita. Manufakturing Cina mengalami kontraksi di bulan Oktober 2011, menurut HSBC yang dilangsir oleh Marketwatch.com.


Nov. 23, 2011, 5:04 a.m. EST

China Manufacturing Gauge Shows Contraction

HONG KONG (MarketWatch) — HSBC’s preliminary China manufacturing survey fell to a 32-month low in November, well below analysts’ forecasts, with the reading signaling that the sector is now contracting.


The Purchasing Managers Index printed at 48 on a 100-point scale, reversing from a mildly expansionary reading of 51 in October, HSBC reported Wednesday.

Consensus forecasts had called for a 50.1 result, just above the 50 level, which separates expansion from contraction, according to CNBC.

Cina yang ekonominya berbasis manufakturing barang eksport, sudah selayaknya perlambatan ekonomi dunia akan berdampak padanya. Walaupun logisnya demikian, masih banyak yang optimis dengan perekonomian Cina, tentunya mereka punya argumen sendiri, yang bagi saya hanyalah optimisme saja.

Lanjut berita di Marketwatch:


HSBC economist Hongbin Qu said the data implied that industrial production would moderate to annualized growth rates of 11% to 12% in the coming months as domestic and external demand cools.


He also said, however, that there was little in the data to suggest a major contraction was underway in China.


“As inflation is likely to decelerate at a faster-than-expected pace, it will leave more room for Beijing to step up selective easing measures, which should gradually filter through to keep China on track for a soft landing,” Qu said in comments accompanying the flash PMI release.

Manusia boleh berbeda pendapat, apalagi dalam meramal masa depan. Selama kejadiannya belum tiba, punya opini adalah syah-syah saja. Hongbin Qu masih beranggapan soft-landing. Tetapi Larry Lang, seorang professor di bidang finansial di Universitas Hong Kong punya pendapat lain. Pendapat Larry Lang ini sangat ekstrim. Tsssst, jangan diceritakan, nanti ketahuan pemerintah Cina professor Lang bisa ditangkap dan dipenjara. Katanya Cina bangkrut. Ini videonya. Video sejenis bisa dilihat di Youtube. Ini dari NDTV. Karena cerita ini bersifat rahasia, maka videonya tidak memunculkan orangnya. Hanya suaranya dan transkrip terjemahan bahasa Inggrisnya saja.



Larry Lang memberikan ceramah tertutup kota Shenyang. Dia tidak menyadari bahwa ceramahnya direkam, sehingga mungkin ia agak ceplas-ceplos. Ia mengatakan bahwa pada dasarnya semua provinsi di Cina adalah Yunani, dengan kata lain: terbelit hutang yang mencekik. Lang juga seorang bintang tv mengatakan juga bahwa sebenarnya media massa tidak bisa memberi laporan secara bebas. Dan mereka yang berkecimpung di dunia tv, merasa frustrasi karena tidak bisa secara bebas membuat program. Selama menyangkut masalah pemerintah, media tidak boleh meliputnya.

Ia mengatakan bahwa rejim di Cina tidak mau mendengarkan pendapat para ahli. Petinggi partai terlalu arogan. Pendapat para pakar yang bertentangan dengan pendapat pemerintah dianggap sebagai upaya pembangkangan.

Inti dan kesimpulan yang terpenting dari ceramah Lang adalah bahwa Cina sudah di ambang kebangkrutan. Ini didasari oleh dugaan yang setengahnya merupakan hipotesa bahwa:

  1. Ada sekitar 36 trilliun yuan (US$5,68 trilliun) hutang yang membelit perekonomian Cina. Hutang pemerintah daerah 16 trilliun (US$2,5 trilliun) dan Badan Usaha Milik Negara memiliki 19,5 trilliun yuan (US$3 trilliun). Dengan bunga 5% - 6% per tahun (1,8 – 2,2 trilliun Yuan atau $ 280 - $ 340 milyar), keadaan adem-ayem tidak bisa lama dipertahankan.

  1. Inflasi versi resmi hanya 6,2%, sedangkan versi Lang adalah 16% (Sedangkan menurut EOWI sekitar 10% - 25%, dihitung juga dari ekspansi uang). Angka Lang mirip dengan komentar EOWI di Bubble Yang Masih Bertahan (II) – Sektor Properti Cina & Komoditi

Untuk mengakhiri cerita ini, ada berita menarik. Inflasi di Cina mencapai 5,2%. Itu yang terdaftar. Sebab di Cina ada undang-undang Pengontrolan Harga. Beberapa waktu lalu beberapa perusahaan didenda karena menaikkan harga terlalu cepat. Berapa angka inflasi harga yang sebenarnya........, mungkin 10%, mungkin juga lebih. Tidak ada yang tahu.

  1. Terjadi kelebihan kapasitas. Dengan tingkat konsumsi hanya 30% dari GDP, dan tingginya kegiatan untuk eksport maka perlambatan ekonomi dunia akan membuat kelebihan kapasitas semakin parah. Perlambatan eksport sudah terasa dengan turunnya indeks purchasing manager bulan Oktober 2011 ke level 48, (di bawah 50 artinya kontraksi).

  1. Pertumbuhan GDP 9% adalah bohong, menurut data Lang GDP yang sebenarnya sudah kontraksi 10%. Menurut Lang pertumbuhan versi resmi yang tinggi itu datangnya dari konstruksi infrastruktur dan sektor properti yang porsinya mencapai 70% dari GDP di tahun 2010 dan sudah menggembung besar sekali.

  1. Pajak langsung dan tidak langsung yang dibebankan kepada sektor bisnis mencapai 70% dari pendapatan. Sedangkan pajak perorangan mencapai 81,6%. (Komentar EOWI: Wow banyak juga, kemungkinan termasuk restribusi, inflasi dan pajak terselubung).

  1. Tambahan dari EOWI: Harga properti di Cina sudah anjok, dimulai dari properti di beberapa kota.

Selanjutnya dan yang paling penting untuk disimak, menurut Lang, jika tsunami ekonomi sudah menghantam, maka Cina akan menjadi negara yang termiskin di dunia. EOWI hanya bisa berkomentar: “Wow...., mana ada yang berpikir demikian. Opini yang sangat ekstrim”. EOWI juga berpandangan mirip, tetapi tidak seekstrim itu. Dalam sejarah, banyak negara bangkrut dan kemudian secara bertahap mengalami kolaps karena pembangunan-pembangunan dan ekspansi kegiatan yang mubazir (perang misalnya) dan memakan biaya besar. Borobudur menelorkan terusirnya dinasti Sailendra dari Jawa. Perang Afganistan-Soviet (1979 –1989) menelorkan terpecahnya Uni Soviet. Yang kehancuran berlangsung secara bertahap adalah Shah Jahan dengan Taj Mahalnya (kehancuran dinasti Moghul terjadi pada masa penggantinya beberapa dekade kemudian). Apakah Cina sudah pada puncak kejayaannya? Entahlah, mungkin belum. Mungkin saat ini hanya perlu koreksi yang dalam saja.

Beberapa waktu lalu EOWI menyajikan beberapa uraian mengenai Cina: Koreksi Besar Global: Ala Amerika, Ala Eropa dan Ala Cina

Kata “berguguran” adalah sangat tepat untuk menggambarkan kejatuhan harga dalam selang waktu 1 minggu sebesar 40% (Shanghai), 10% - 20% (Hangzhou) dan 15% (Tianjin). Wow.....! Kalau bursa saham crash seperti ini adalah biasa. Sedangkan properti, seumur-umur saya tidak pernah melihat crash-property bubble seperti ini.

dan Bubble Yang Masih Bertahan (II) – Sektor Properti Cina & Komoditi.

Nampaknya Jim Channos yang tahun 2011 ini mengumumkan untuk melakukan short selling semua asset yang berkaitan dengan Cina cukup sukses dalam hal timing. Untuk melihat lebih lanjut tentang hal ini lihat artikel EOWI SHORT STOCKS, COMMODITY & GOLD SERTA LONG CORRUPTION.

Baru saja ada berita di Want China Times mengenai anjloknya harga properti di Cina utara, negara bagian/provinsi Inner Mongolia. Di Ordos, harga properti anjlok sampai 60% - 70% di bulan September 2011 ini. Ini bukan soft-landing tetapi crash!

Housing bubble in Inner Mongolian city bursts

A property boom in the Chinese city of Ordos started in 2006, but became stagnant this year after banks tightened credit and coal enterprises in the region have consolidated.


Ordos, a city in central-west Inner Mongolia, has deposits of coal and oil. A recent report by China's Ministry of Housing and Urban-Rural Development showed that the GDP per capita of Ordos surpassed that of Hong Kong.


The number of the rich people with more than 100 million yuan (US$15.468 million) is over 7,000. One out of every 15 people in Ordos has more than 10 million yuan (US$1.546 million). Those who have only one million yuan (US$154,680) are considered poor.


With so much wealth floating around, housing prices have skyrocketed. According to the newspaper Southern Weekend, this third-tier Chinese city once had real estate prices that averaged 7,000 yuan (US$1,082) per square meter (Komentar EOWI: Rp 9 juta per meter persegi di tempat jin buang anak? Mahal banget).


Several buildings sold recently for as high as 13,000 yuan (US$2,010) per square meter. Home prices in Erdos have climbed to over half the price in Beijing, one of China's most expensive property markets with an average of 22,914 yuan (US$3,544) per square meter.


The boom came as wealthy locals sought investments after getting rich quickly off coal development.


However since February, home sales have stalled, with only around 10 percent of properties on the market being sold.


The reason behind the sluggish trend lies in the tightening of credit by banks, and more importantly, the merger of coal enterprises.


A lot of the demand for real estate is fueled by the coal business, but this year, Chinese conglomerate Erdos Group wants to focus on coal industry restructuring. Thus, the consolidation of the group's coal companies will result in a decrease in the number of companies from the current 300 to 40 by the end of the year.


Some small coal mines have had to cut their property prices because they could not afford to pay interests on loans from banks while their mines are being suspended.


In addition, underground financing is rampant in Ordos. Every housing project has to seek funds from the private sector, which has taken a 40-50% share of the lending market.


A developer in Ordos said that some in his industry have invested all their money into real estate. Now, with new homes still being built, developers must pay their bills monthly, but since they cannot sell the properties, they are forced to continue to dump in money. Once banks refuse to offer loans, they have to borrow from the private sector, forming a vicious cycle of dependency.


Kang Bashi, the well-known ghost town in Ordos, represents the epitome of China's housing bubble.


The town, which cost 17 billion yuan (US$2.629 billion) to build, was originally intended to become a city with a population of around one million, but the number of people actually living there is less than 20,000.


Chinese media has described the town as "quite barren, with only a few vehicles passing through the multi-lane highway. Some government offices open in the daytime. Pedestrians that appear every so often look like illusive beings, dragging their heavy feet along, like a lone survivor after a catastrophic event from the movies."


Sekedar untuk pengetahuan saja, Inner Mongolia adalah daerah yang tandus dan tempat jin buang anak. Tahun 2007 saya sempat berkunjung ke wilayah itu. Berpesta di tengah gurun pasir. Kemudian berkuda dan menunggang onta. Saya tidak bisa pikir, bagaimana perhitungannya, sampai ada yang mau membangun kota untuk 1 juta orang di daerah yang tandus dan luas itu. Tidak mengherankan kalau yang datang hanya 20.000 orang saja. Pernyataan artikel di atas: Those who have only one million yuan (US$154,680) are considered poor. Orang yang punya Rp 1,5 milyar termasuk miskin? Saya pikir opini Kementerian Perumahan dan Pembanguan Desa-Kota yang dikutip koran ini ada yang tidak beres. Orang yang punya Rp 1,5 milyar miskin? Bisa saja jika asset yang dimilikinya merupakan bubble. Saya tahun 2007 berfoto dengan pakaian Mongol bersama mereka hanya dikenakan biaya 5 Yuan (Rp 5000 – Rp 8000). Bagi mereka 5 Yuan masih berharga, rasanya tidak selaras dengan gayanya orang kaya yang punya Rp 1,5 milyar. Ini membuat saya lebih yakin bahwa data resmi Cina meragukan.

Hutang yang membelit pemerintah daerah dan BUMN Cina sebesar 36 trilliun yuan (US$5,68 trilliun) bukanlah kecil. Angka ini hampir sama dengan GDPnya yang US$5,87 trilliun. Tentu saja hutang swastanya belum diperhitungkan disini. Hutang swasta yang membuat para bossnya lari dari para lintah darat (lihat SHORT STOCKS, COMMODITY & GOLD SERTA LONG CORRUPTION) belum diperhitungkan.

Cina akan menjadi pusat berita dan kali ini bukan mengenai suksesnya dan kehebatannya, melainkan krisisnya. Kemungkinan besar spotlight berita masih berada di Eropa ketika berita mengenai Cina menjadi berita utama. Dengan kata lain akan ada beberapa spotlight yang bisa anda ikuti di media massa, terutama TV Al Jazeera. Krisis keuangan Eropa, Amerika, Eropa dan krisis politik di Timur Tengah.

Sekian dulu, jaga investasi dan tabungan anda baik-baik. Jangan sampai mereka mempengaruhi kesehatan anda. Dan sebagai akhir kata, harga emas nampaknya cenderung turun, padahal September sampai Februari umumnya adalah masa bullish, orang-orang India cenderung kawin pada bulan-bulan Desember – Januari. Apakah koreksi yang EOWI nantikan sedang berlangsung?

Jakarta 26 November 2011



Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

7 comments:

Omez said...

Dari wikipedia: NTDTV pusatnya di new york, didirikan oleh falun gong. Kemungkinan besar terlalu bias pemberitaannya, kuat sekali nuansa propaganda nya. Mungkin tujuannya untuk self fulfilling prophecy bagi pemirsa nya... Who knows

Anyway, keliatannya semua negara mau bangkrut. What should we do doctor Doom?

Anonymous said...

Buy Gold and Silver or Dinar Dirham to prevent economic catastrophy for you and your family

Anonymous said...

Om IS, ditunggu-tunggu artikel ttg amerika yg mulai nyebar tentara kemana-mana kok ngga muncul ya.
Kalo ikut teori keynesian perang besar bisa bikin ekonomi bangkit lagi kan Om?

Anonymous said...

artikel EOWI gak ada yg optimis...seakan dunia mau kiamat...dolar katanya diatas 15 rb...emas menyentuh 600...OMDO

Anonymous said...

Maaf numpang nanya : di belahan bimu amerika asia dan eroma tampaknya sekarang sedang terjadi krisis...

Tapi kok di indonesia pemerintah masih adem ayem saja.. ini optimis karena yakin gak terjangkit atau memang pemerintah sudah menyiapkan langkah antisipasi..??

atau jangan-jangan masih sibuk dengan urusan persiapan pilpress 2014

1 - nawa said...

wacana redenominasi rupiah tampaknya semakin menguat dan target pelaksanaannya pun telah ditetapkan. apakah hal ini juga turut mendongkrak kenaikan nilai US$ di tanah air dalam 1~2 tahun ke depan? terima kasih

Anonymous said...

pakde imam semar kok artikelnya mandeg ga terbit lagi?