___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Thursday, March 3, 2011

(No.7) - PENIPU, PENIPU ULUNG, POLITIKUS DAN CUT ZAHARA FONNA

Sejarah, dongeng satir, humor sardonik dan ulasan tentang konspirasi, uang, ekonomi, pasar, politik, serta kiat menyelamatkan diri dari depressi ekonomi global di awal abad 21



(Terbit, insya Allah setiap Minggu dan Kamis)




Pseudo Uang Sejati
Kalau sebelumnya kita membahas uang sejati, kemudian uang politikus, sekarang ada lagi pseudo uang sejati. Apa pula itu?

Untuk mengerti hal ini di bawah ini ada beberapa gambar uang kertas Amerika Serikat pecahan $20. Yang pertama adalah terbitan tahun 1904. Perhatikan inskripsi di bagian bawah uang ini. Tertera:
“Twenty Dollar in Gold Coin Payable to the Bearer on Demand”.
Yang artinya:
“Dua Puluh Dollar dalam bentuk koin emas, dibayarkan kepada pembawanya jika diminta”.
Dengan kata lain uang kertas ini didukung oleh emas, dan jika mau pemiliknya bisa menukarkannya dengan emas sebesar 20 dollar.



Pecahan mata uang US$ 20, terbitan tahun 1904, pseudo uang emas


Kurs tukar emas dollar tetap dan diatur oleh undang-undang US, yaitu dalam Coinage Act 1792. Untuk $ 10 ekivalen dengan 247 4/8 grain (16.0 g) emas murni atau 270 grain (17.5 g) emas 22 karat. Demikian juga dengan pecahan yang lebih kecil, disamakan dengan perak. Kurs perak adalah 1 unit emas = 15 unit perak. Kurs ini hampir sama dengan perbandingan jumlah emas dan perak di alam.

Uang kertas pecahan DOLLAR AMERIKA SERIKAT terbitan tahun 1929, inskripsi agak berbeda sedikit dengan yang diterbitkan tahun 1904. Untuk terbitan tahun 1929 inskripsinya berbunyi:
“The Federal Reserve Bank of Chicago Will pay to the bearer on demand Twenty Dollars”
yang artinya:

“The Federal Reserve Bank Chicago akan membayarkan kepada pembawa (uang ini) sebesar 20 dollar jika diminta”.




Pecahan mata uang US$ 20, terbitan tahun 1929 – pseudo uang emas


Dan yang dimaksud 20 dollar dalam pernyataan pada uang kertas di atas, baik yang terbitan tahun 1904 atau 1929 adalah uang emas logam, seperti pada foto dibawah ini. Bisa juga mengacu pada uang perak. Definisi dollar ini adalah seperti yang dicantumkan pada Coinage Act of 1792, maka uang kertas ini sama dengan uang kertas terbitan 1904. Yaitu bisa ditukarkan dengan emas sejumlah yang sama.

Catatan: kata bahasa Inggrisnya untuk uang kertas adalah bank note, Artinya “nota” yang dikeluarkan oleh bank.




Uang $ 20 sejati, keluaran tahun 1904


Kedua uang kertas di atas disebut uang pseudo-uang sejati. Maknanya pengganti uang sejati. Disebut demikian karena uang kertas itu bukan emas atau perak, tetapi bisa ditukarkan ke bank sentral dengan emas. Jangan lupa bahwa bank/pemerintah sewaktu-waktu bisa menyalahi janjinya dengan menghapuskan undang-undangnya (misalnya Coinage Act of 1792). Alasan inilah yang membuat uang kertas jenis ini tidak bisa disebut 100% uang sejati. Masih ada kemungkinan bank/pemerintah membatalkan janjinya. Ini terbukti dalam sejarah Amerika. Misalnya presiden F.D Roosevelt melakukan devaluasi dollar dari 1 oz emas = $ 20.67, menjadi 1 oz emas = $35 melalui Executive Order 6102 yang ditandatangi tanggal 5 April 1933. Keputusan presiden ini juga mengkriminilkan kepemilikan emas. Kemudian tahun 1965, presiden Johnson membatalkan Coinage Act of 1792 dan menggantikannya dengan Coinage Act of 1965 dimana banyak status dollar sudah diganti.

Pada tanggal 15 Agustus, 1971, presiden Nixon membatalkan semua hubungan antara emas dan dollar. Keputusan itu membuat perjanjian Bretton Wood dibubarkan pada tahun 1973. Saat ini uang inskripsi pada uang kertas Amerika Serikat tidak lagi “payable to bearer” melainkan:

“this note is legal tender for all debts, public and private”
Atau

“nota ini adalah alat pembayaran yang syah untuk semua hutang, baik hutang pemerintah atau hutang swasta”

Seperti yang tertera pada uang kertas pecahan US$ 20 terbitan tahun 1985, 1995 dan 2006 di bawah ini.




Pecahan mata uang US$ 20, terbitan tahun 1985 dan 1995, uang politikus, hanya alat pembayaran yang syah




Pecahan uang kertas US$ 20, terbitan tahun 2006, uang politikus, hanya alat pembayaran yang syah.


Dalam banyak catatan sejarah, penggunaan uang pseudo sejati, sering dikaitkan dengan penipuan di tingkat pemerintahan. Apakah penipuan ini direncanakan sejak awal atau terjadi dalam keadaan terpaksa. Masyarakat tertarik kepada uang pseudo sejati karena mudah dibawa-bawa karena ringan. Jadi ada potensi permintaan uang pseudo sejati di kalangan masyarakat. Tetapi penggunaan uang pseudo sejati akan menggoda para politikus untuk mencetak uang itu lebih banyak dari pada uang sejati (asset emas dan perak) yang menjadi cadangannya. Kemudian jika penyimpangan ini sudah terlalu banyak pemerintah akan melanggar janjinya. Pada saat itu uang pseudo sejati yang berbentuk kertas dan nilai interinsiknya rendah ini tidak dapat lagi ditukarkan dengan uang sejati yang memiliki nilai intrinsik seperti emas dan perak. Pola ini menjadi modus operandi pemerintah untuk mencuri tabungan masyarakat sejak berabad-abad lalu. Dan uang pseudo sejati, tidak hanya uang kertas (bank note) saja, tetapi menjadi lebih umum ke bond dan surat hutang pemerintah.

Tentang pseudo uang emas, Daniel Webster seorang politikus Amerika Serikat yang sudah mati, sudah memperingatkan bahwa pseudo uang emas tidak sama dengan emasnya sendiri, melainkan sebuah janji yang bisa diingkari. Dalam pidatonya di hadapan Senat Amerika Serikat tahun 1833 dia mengatakan:
“We are in danger of being overwhelmed with irredeemable paper, mere paper, representing not gold nor silver; no sir, representing nothing but broken promises, bad faith, bankrupt corporations, cheated creditors and a ruined people.”
Kira-kira artinya:

Kita berada dalam bahaya karena terlalu percaya pada oleh surat berharga yang katanya bisa ditukarkan dengan emas. Kertas adalah kertas dan tidak mewakili emas atau perak, akan tetapi semata-mata mewakili pengingkaran janji, ketidak jujuran, perusahaan yang bangkrut, kreditur yang tertipu dan sekelompok orang bangkrut.
Dan ucapan Daniel Webster ini terbukti ketika pada tanggal 15 Agustus, 1971, presiden Nixon menutup loket penukaran dollar Amerika Serikat ke emas untuk menghindari pembayaran 280 juta oz emas kepada pemilik dollar Amerika Serikat di luar negrinya yang mengantri untuk menukarkan dollarnya dan dipelopori oleh presiden Prancis Charles De Gaulle.

(Bersambung......)


Disclaimer:
Dongeng ini tidak dimaksudkan sebagai anjuran untuk berinvestasi. Dan nada cerita dongeng ini cenderung mengarah kepada inflasi, tetapi dalam periode penerbitan dongeng ini, kami percaya yang sedang terjadi adalah yang sebaliknya.

Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

1 comment:

Anonymous said...

lantas gimna dg Bitcoin yg sedang dipopulerkan?