___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Monday, August 30, 2010

Market Update: 30 Agustus 2010

Ada istilah pasar yang effisien, efficient market. Kata orang efficient market adalah dimana informasi yang penting diperoleh peserta pada saat yang sama dan harga akan merespons dengan segera informasi ini. Pasar modal dianggap sebagai contoh yang terbaik dari pasar yang effisien. Saya tidak yakin efficient market itu ada. Tetapi, yang pasti market selalu bergerak.

Hari Jumat tanggal 27 Agustus 2010, pasar saham Wall St. Bergembira. Indeks Dow naik 1.65%, S&P500 naik 1.66% dan Nasdaq naik 1.28%. Investor, spekulan bergembira menyambut pengumuman departemen perdagangan US tentang GDP untuk kwartal II 2010. Angkanya 1.6% dan di atas perkiraan analis Wall St yang hanya 1.3%. Saya heran, angka 1.6% ini jauh dibawah perkiraan awal yaitu 2.4%. Awalnya diperkirakan 2.4%, kemudian dilakukan sand-bagging, dan diubah menjadi 1.3%. Jangan heran kalau hasil sand-bagging ini mengalami sukses.

Tadi pagi, Nikkei melesat +3.00%, tetapi kemudian ditutup hanya +1.79%. Dow futurepun mencapai +65 di pagi hari kemudian melemah. Rupanya investor tidak percaya bahwa 1.6% itu bisa menjadi 2.6% pada pertengahan tahun II, 2010. Mungkin negatif.

Hari Jumat Ben Bernanke mengatakan: "is prepared to provide additional monetary accommodation through unconventional measures if it proves necessary, especially if the outlook were to deteriorate significantly."

Ups ada kata deteriorate significantly, the Fed mengatakan bahwa mungkin kondisi ekonomi bisa deteriorate significantly. Investor yang telat mikir baru sadar pada Senin sore. Mungkin senen ini Dow akan negatif.

Coba dengar lagi kata the Fed: “deteriorate significantly”. Terus bagaimana dengan omongannya setahun lalu "substantial progress" pada annual the Fed retreat? Mungkin quantitative easing yang $2 trilliun itu hanya berumur 1 tahun saja. Kita tidak tahu...... yang pasti pada hari Jumat lalu trading membentuk bearish wedge yang siap turun lagi (Chart-1). Kita tidak tahu apakah semua Gap akan tertutup sampai 1,068 pada S&P500 atau hanya sebagian saja. Kita lihat malam ini.


Chart - 1

Seorang pembaca menanyakan mengenai artikel Nadeem Walayat yang mengatakan bahwa Dow akan ke 12500 (Chart-2). Persoalannya ialah pasar bergerak sesuai dengan kemauannya sendiri. Tidak mengikuti Walayat dan tidak mengikuti Imam Semar. Yang mengendalikan pasar adalah rasa takut akan rugi dan rasa tamak untuk memperoleh keuntungan yang besar. Walayat bisa salah, tetapi setidaknya dia pernah benar ketika meramalkan Dow akan melewati 9500. Dan Imam Semar salah menentukan kapan Dow akan kembali turun. Tetapi kekalahan dalam satu pertempuran bukan berarti kekalahan dalam peperangan. Dalam investasi, yang penting adalah melakukan managemen kapital. Jangan sampai kehabisan peluru pada saat yang diperlukan. Jangan seperti para pejuang kemerdekaan yang maju kemedan pertempuran dengan bambu runcing. Matilah mereka diberondong senapan mesin Belanda. Lebih baik seperti Sukarno. Kalau terkepung, lebih baik menyerah dan bisa makan enak dipenjara Belanda, sambil menunggu kesempatan yang lebih baik.

Sekarang bagaimana kalau Walayat benar, bahwa Dow akan ke 12500. Dan bagaimana kalau EOWI benar Dow akan ke 9000an terus ke 8000an?

Ada strategi yang bisa dipasang. Yang paling sederhana ialah: tunggu Dow sampai ke atas 10700 ini berarti bahwa Walayat benar dan pasang long. Juga tunggu sampai Dow di bawah 10000, yang artinya Walayat salah, dan baru pasang short (Chart-3 dan Chart-4).


Chart - 2



Chart - 3



Chart - 4

Harus diingat bahwa antara Walayat dan EOWI ada perbedaan yang mendasar, yaitu asumsinya. EOWI tidak percaya akan adanya pemulihan ekonomi. Krisis global saat ini, skalanya lebih besar dari pada krisis tahun 1930. Jumlah hutang yang harus diselesaikan lebih banyak daripada tahun 1930. Sedang Walayat percaya bahwa ekonomi akan pulih (Chart-5).


Chart - 5

Berita dari Bloomberg mengatakan:
Sales of existing houses plunged by a record 27 percent in July as the effects of a government tax credit waned, showing a lack of jobs threatens to undermine the US economic recovery.

Purchases plummeted to a 3.83 million annual pace, the lowest in a decade of record keeping and worse than the most pessimistic forecast of economists surveyed by Bloomberg News, figures from the National Association of Realtors showed today in Washington. Demand for single- family houses dropped to a 15- year low and the number of homes on the market swelled.

"Today's data do not bode well for home prices," said Michelle Meyer, a senior economist at B of A Merrill Lynch Global Research in New York. "There is a decent chance we reach a new bottom for home prices. There's going to be a prolonged, painful drop."

The pace of existing home sales is the slowest since comparable records began in 1999. The agents' group revised the June sales figure down to 5.26 million from a previously reported 5.37 million.

Economists projected sales would fall 13 percent. Estimates in the Bloomberg survey of 74 economists ranged from 3.96 million to 5.3 million. Previously owned homes make up about 90 percent of the market.

Purchases of single-family homes also dropped 27 percent, the biggest one-month decrease in data going back to 1968. July's 3.37 million annual rate was the lowest since May 1995.
Dengan 40% dari populasi Amerika Serikat tidak bekerja, Eropa juga terbebani dengan pengangguran, harga rumah masih menurun, bagaimana mau ada pemulihan ekonomi? Cina bisa membantu? Meragukan karena ekonomi Cina adalah ekonomi berbasis eksport.

Secara teknikal Dow dan pasar New Yorks tidak berubah dari minggu lalu.

Sampai minggu depan. Jaga kesehatan dan investasi anda baik-baik.

Jakarta 30 Agustus 2010


Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

20 comments:

Lucas said...
This comment has been removed by the author.
Lucas said...

nice post....
minggu ini akan mjd minggu yg menentukan kemana market bergerak

Anonymous said...

Pak IS, bagaimana dengan IHSG yg kenaikannya sdh tidak waras?? saya ga pernah beli lagi sejak crash tahun 2008 lalu.. Terimakasih

Imam Semar said...

Anony,
Secara teknikal IHSG bullish. Secara mood sosial bearish.
Secara ekonomi.....mungkin bisa masuk ke mania, apalagi di sektor real estate. Dan yang ini, kita tidak tahu kapan jatuhnya.

Imam Semar said...

Kelihatannya Nikkei kena Hindenburg deh hari ini....., bisa merambat ke Dow nanti malam nggak yah, seperti crash Oktober 1987 yang dimulai dari Hong Kong.

Anonymous said...

keep writing mas IS....

keep us well inform....

thank banget.....

kalo baca sejarah indo, miris banget ya.....
tapi makin kesini, keliatannya koq kaya makin kejadian....
thanks udah mengingatkan kami semua...

Lucas said...

analisis SP500 dari 2 sudut pandang :
Bull break UP 1075-1080
Bear break Down 1030-1040

Zoel said...

Resisten 1130 sy lihat agak berat untuk bullish...

Anonymous said...

tu kan! buy aja tiap kali ada warning dari om IS. yg sell rugi lagi deh.

Anonymous said...

The Fed ngikutin terus Blog EOWI ini kali untuk memangsa yg ngikut blog ini x ... hahaha, ngapain ditungguin uncle DOw ngak jelas kemana, IHSG yg jelas2 Strong Bullish knp disampingkan? Cintailah Negrimu Nak . jgn jd anak durhaka pengikut pembuat orar uncle dow si pantat merah ..

Anonymous said...

mungkin kali ini Pak IS salah lagi

http://www.marketoracle.co.uk/Article22289.html

Anonymous said...

IS ibarat menjual Kulkas pada orang Eskimo

Anonymous said...

@anony September 3, 2010 7:29 AM

Nice Post Pak...

The facts are that the main proponents of the Hindenburg Omen have been WRONG throughout the WHOLE Bull market from its birth in March 2009 and subsequent 18 month trend, the perma-bears each month jump from indicator to indicator (In June and July the Head and Shoulders pattern was all the rage) all the while hoping all the past investment account busting wrong calls have been forgotten as they wait to eventually be right, even a broken clock is right twice a day.

Halo PAK IS ... HO u dari internet jg toh untuk bikin FEAR ???? You Are Not GENIUS MAN ... Like I said before , YOU is THE FEAR MAKER not A MARKET Analysis

Woi Pemuja IS .. udh Bangkrut belum ????

Anonymous said...

Kira-kira sirkus macam apa lagi nih yang akan dimainkan semar besok? :D

Anonymous said...

Balikin aja yg di post si Semar ... hahaha .. jamin untung .. walaupun ntar 1 taon lg analisanya benar ... da mau coan brp ? w terus terang rugi beli usd dr rekomendasi blog ini, sebenarnya memang salah sendiri, cuma yg bikin w pengen post ini adalah rasa yg tak tertahankan dgn Fear Fear yg selalu di tulikan si IS ..

Anonymous said...

@anony August 31, 2010 10:04 AM

ISHG Perfect Bullish , ngak ush di dgr di Semar .. Profit Taking or short = Melawan Arus .. SELL USD

Anonymous said...

BANGKRUTTT BOSSS!!!!

Anonymous said...

semar..semar....kampret loe

Anonymous said...

Pasar Selalu Benar

Jangan pernah berdebat dengan pasar karena pasar selalu benar. Pasar tidak peduli Anda sedang pegang saham apa dan berapa kerugian atau keuntungan Anda. Pasar berjalan dengan atau tanpa Anda. Dan sejago apapun Anda, Anda tidak akan bisa mengalahkan pasar. Tidak, tidak akan bisa. Kami serius.
Kesalahan klasik seorang trader, baik pemula maupun yang jago adalah mencoba terlalu keras memprediksi pasar. Pasar bergerak suka-sukanya sendiri. Tentu, trader punya peralatan untuk mengantisipasi kenaikan atau penurunan indeks dan saham tertentu, tapi itu semua bukan jaminan Anda akan benar.

Anonymous said...

Jadi semar ini pemula yang sok pintar dong :D :D :D