___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Saturday, September 5, 2009

FUNDAMENTAL S&P 400

Pada artikel sebelumnya (kemarin) Ekonomi Orang Waras dan Investasi (EOWI) mengatakan bahwa primary wave 3 crash (P3 crash) akan membawa indeks S&P ke level 435 (untuk P5 bisa ke level 300an). Sebagai orang waras, akan bertanya: fundamental apa yang bisa membuat bursa saham jatuh seperti itu?.

Kebetulan pagi ini saya menemukan data di Chartoftheday yang menunjukkan bahwa PE (Price to Earning Ratio) S&P 500 adalah 130 sampai 150. Kaget juga melihat chart ini (lihat di bawah). Sulit untuk mempercayai. Lalu saya check ke situs S&P. Ternyata benar. Silahkan anda juga mengechecknya. Berikut ini table EXCEL dari situs S&P500.













Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

2 comments:

Blue said...

Benar2 edan. PER = 150. Investornya sudah gak waras !!

Anonymous said...

Halo Guru IS...

Salam rock 'n roll. Ima speaking here.

Aku mau Guru ngungkap dan ngebahas kasus tengik di Bank Century ada apa dan lingkaran setannya bagaimana. Yah Guru... please...
Tar Ima ikut ngomong deyh...

Thank you loh.

Ima