___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Tuesday, September 23, 2008

SHORT COVERING ATAU START RALLY AKHIR TAHUN?

Minggu bursa saham dunia cukup volatile, seperti perkiraan EOWI sebelumnya. Triple witching istilahnya. July low bisa ditembus. Dow Industrial bisa ditutup di level 10600 dengan volume yang cukup besar (hari Senin dan Rabu). Kemudian dua hari menjelang akhir minggu, Hank Paulson dan Ben Bernanke mengumumkan (praktis) nasionalisasi AIG, program penyelamatan sektor finansial dan kemudian di hari berikutnya SEC mengumumkan larangan short selling untuk 799 saham finansial, market menyambutnya dengan rally (lihat Chart-1). Pertanyaannya ialah, apakah market rally karena gembira atau karena takut short sellingnya hangus.


Chart 1

Kami di EOWI pikir, kedua-duanya terjadi, termasuk profit taking posisi-posisi short, seperti halnya EOWI profit taking di MBI. Asumsi bahwa pasar melakukan profit taking didasari oleh analisa teknikal di bawah ini (Chart 2). Terlihat bahwa S&P500 membentur supportnya. Jadi wajar kalau memantul lagi. Memang pantulannya cukup kuat. Tetapi sekarang membentur resistancenya, MA50D dan garis bolinger tengah. Kalau rally dua hari terakhir itu adalah short covering, maka indeks akan jatuh lagi.

Yang menarik untuk disimak adalah sektor transportasi. Nampak indeks Transportasi membentuk segitiga trading – wedge. Saat ini indeks sudah membentur resistancenya dengan inverted hanging man dan volumenya menurun. Jadi peluangnya lebih cenderung turun dihari-hari mendatang. Dan ini akan diikuti oleh sektor-sektor lain. Jadi secara keseluruhan bahwa ada kemungkinan besar kita juga akan melihat bahwa low di bulan September ini, yang dibuat minggu lalu, akan ditest kembali pada tahun ini.

Ada peraturan baru yang diterapkan mengenai short selling. Saya memperoleh pesan ketika membuka rekening saham saya sebagai berikut:

Due to new SEC rules, short sales in this financial security and other financial stocks are prohibited. In addition, you may not exercise a put prior to expiration if it will result in a short position.


Chart 2

Mungkin peraturan ini akan menyulitkan kita untuk melakukan transaksi option put di sektor finansial. Tetapi ada cara untuk mengakalinya. Mungkin kita harus membeli dulu sahamnya kemudian put optionnya diexercise. Apapun jadinya, kami akan menjual semua put option kami kalau indeks membentur supportnya kembali.


Chart 3

Bagaimana dengan portfolio? MBI, juga mengalami gejala bearish setelah 1 hari rally (Chart 4) Kami pikir, MBI secara fundamental agak tidak bagus untuk dishort. Dengan adanya rencana membelian surat-surat hutang yang busuk oleh pemerintah (walaupun masih harus dengan persetujuan kongres), artinya kemungkinan adanya gagal bayar akan kecil. Artinya beban MBI yang menanggung asuransi surat-surat hutang busuk ini menjadi hilang resionya. Dengan kata lain, rencana pembelian surat-surat hutang busuk oleh pemerintah US membuat resiko menanggung kerugian surat-surat hutang yang berpotensi gagal bayar tersebut dipindahkan dari asuransi (MBI) ke pemerintah. Oleh sebab itu, EOWI menganjurkan untuk menjual posisi short MBI.


Chart 4

Nasib rally GCI juga mungkin hanya berumur 2 hari. Dihari kedua terjadi pembalikan arah (Chart 5). Secara fundamental GCI tidak ada yang berubah dengan rencana pemerintah US. Bisnis GCI adalah surat kabar bukan finansial.


Chart 5

Diantara posisi short yang paling nampak kegagalan rallynya adalah WERN. Dengan terbentuknya gravestone doji (Chart 8) pada hari Jumat tanggal 19 September 08 lalu, artinya WERN akan kembali bearish. Bentukan formasi menuju bearish pada hari Jumat 19 September 08 lalu juga dialami saham-saham lain di portfolio EOWI (lihat Chart 6 sampai Chart 8).


Chart 6


Chart 7


Chart 8

Sektor emas, apakah sudah saatnya membeli? EOWI akan menurunkan artikel secara khusus sektor ini. Rally yang lalu, masih kurang menyakinkan karena ada kemungkinan adalah short covering pada saat menjelang option expiry date, karena sebelumnya emas di-short habis-habisan oleh para investor jangka pendek. Apapun yang terjadi, bagi investor jangka panjang seperti portfolio emas EOWI, riak-riak seperti ini tidak mempengaruhi untuk melakukan penjualan. EOWI punya strategi, “buy on dip”.

Ada berita menarik di CNBC [link: http://www.cnbc.com/id/26808715] tentang US$ 1.8 triliun uang yang akan/sedang dihabiskan pemerintah US untuk menangani kekisruhan moneter di US.

The Treasury plan, which follows a new federal guarantee for money market fund holdings, would push Washington's potential bailout tab to $1.8 trillion.

Following are details of actions, proposals and amounts:

—Up to $700 billion to buy assets from struggling institutions. The plan is aimed at sopping up residential and commercial mortgages from financial institutions but gives Treasury broad latitude.

—Up to $50 billion from the Great Depression-era Exchange Stabilization Fund to guarantee principal in money market mutual funds to provide the same confidence that consumers have in federally insured bank deposits.

—The Fed committed to make unspecified discount window loans to financial institutions to finance the purchase of assets from money market funds to aid redemptions.

—At least $10 billion in Treasury direct purchases of mortgage-backed securities in September. In doubling the program on Friday, the Treasury said it may purchase even more in the months ahead.

—Up to $144 billion in additional MBS purchases by Fannie Mae and Freddie Mac.The Treasury announced they would increase purchases up to the newly expanded investment portfolio limits of $850 billion each. On July 30, the Fannie portfolio stood at $758.1 billion with Freddie's at $798.2 billion.

—$85 billion loan for AIG, which would give the Federal government a 79.9 percent stake and avoid a bankruptcy filing for the embattled insurer. AIG management will be dismissed.

—At least $87 billion in repayments to JPMorgan Chase [JPM Loading... () ] for providing financing to underpin trades with units of bankrupt investment bank Lehman Brothers [LEH Loading... () ]. Paulson said over the weekend he was adamant that public funds not be used to rescue the firm.

—$200 billion for Fannie Mae and Freddie Mac. The Treasury will inject up to $100 billion into each institution by purchasing preferred stock to shore up their capital as needed. The deal puts the two housing finance firms under government control.

—$300 billion for the Federal Housing Administration to refinance failing mortgage into new, reduced-principal loans with a federal guarantee, passed as part of a broad housing rescue bill.

—$4 billion in grants to local communities to help them buy and repair homes abandoned due to mortgage foreclosures.

—$29 billion in financing for JPMorgan Chase's government-brokered buyout of Bear Stearns in March. The Fed agreed to take $30 billion in questionable Bear assets as collateral, making JPMorgan liable for the first $1 billion in losses, while agreeing to shoulder any further losses.

—At least $200 billion of currently outstanding loans to banks issued through the Fed's Term Auction Facility, which was recently expanded to allow for longer loans of 84 days alongside the previous 28-day credits.


Tidakan dan rencana pemerintah US ini bersifat inflationary. Artinya akan banyak uang panas , kredit dengan liquiditas tinggi menggantikan kredit yang tidak liquid. Akan terjadi bubble baru. Di mana? Kami EOWI berspekulasi bahwa bubble yang baru akan di emas. Kami tidak punya bola kristal, kami juga tidak tahu masa depan, kami juga tidak menerima koran edisi minggu depan atau tahun depan. Methode yang kami gunakan adalah SWAG – Scientific Wild Ass Guess.

Jaga kesehatan, tabungan dan investasi anda dengan baik.....semoga sukses.

Jakarta 22 September 08,



Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

1 comment:

Anonymous said...

"bubble" di emas? Saya sudah mulai masuk ke emas batangan, dan menunggu-nunggu bubble yang dimaksud...