___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Saturday, September 13, 2008

PORTFOLIO UPDATE & ANALISA TEKNIKAL: MINGGU KE 3 SEPT 2008

PENGANTAR
EOWI dua minggu lalu memulai seri baru, yaitu Portfolio EOWI. Kami akan berusaha melakukan update setiap 2 minggu sekali atau sebulan sekali, bergantung dengan situasi pasar. Kami pikir sebulan sekali adalah yang terbaik. Tetapi kita akan coba dulu 2 minggu sekali. Portfolio update dan analisa teknikalnya ini akan dipisahkan dari artikel-artikel yang bersifat ekonomi fundamental. Untuk analisa ekonomi fundamental, minggu ini kami berniat untuk menurunkan 1 artikel.

Ada satu hal lagi. Minggu ini EOWI dikunjungi 1400 pengunjung. Kami tidak tahu, apakah blog ini termasuk blog di Indonesia yang paling banyak dikunjungi? Ah..... itu tidak perlu dipikirkan, yang penting blog ini bisa bermanfaat bagi pembacanya. Selamat menikmati


MARKET REVIEW
Pertempuran antara bear dan bull di bursa saham New York cukup sengit membuat suasana trading volatile selama 2 bulan ini. Sehari naik sampai 2%-3%, besoknya turun dengan besaran yang sama. Bahkan fluktuasi indeks bisa bergerak liar dari teritori positif ke negatif dalam hari yang sama.

Sejak May 2008 lalu, koreksi yang tajam diikuti oleh fase konsolidasi yang kecenderungannya bearish (lihat Chart-1). Selama hampir 2 bulan ini pasar mengalami fase konsolidasi bearis. Ada 2 wedge pattern yang saya perkirakan bearish.


Chart 1 (klik gambar untuk memperbesar)

Indeks volatility VIX selama 3 minggu terakhir ini naik dari 19 ke 27 (Chart-2). Terus terang saja, kami tidak suka dengan pola semacam ini. Pola “air terjun” – koreksi yang cepat lebih disukai, karena tidak membosankan. Terus terang saja market yang seperti sekarang ini membuat mood kita selalu berubah-ubah, sekejap gembira karena indeks turun, kemudian kecewa karena market rebound. Mungkin kita harus bersabar.


Chart 2 (klik gambar untuk memperbesar)

Kami agak cemas kalau hal seperti ini berlangsung terus sampai akhir Oktober. Karena secara statistik, pada masa pemilihan presiden US, kinerja pasar modal seringnya bagus. Dan rally biasanya terjadi dimulai pada bulan November. Portfolio EOWI yang kebanyakan short-finansial, juga nampaknya harus menunggu keputusan masa konsolidasi (Chart-3). Indeks Bank BKX, masih menunjukkan pola trading bearish wedge (Chart-3). Dengan resistance di 75, ada kemungkinan minggu depan sektor ini akan naik. Oleh sebab itu para finansial-bear seperti EOWI harus minum valium dulu secara rutin.


Chart 3 (klik gambar untuk memperbesar)


PORTFOLIO UPDATE
Semua saham di portfolio EOWI mengalami trend penurunan dengan kecepatan berbeda-beda (lihat Chart 4 sampai Chart-7). Seperti untuk RJF, turunnya cukup lambat. MBI relatif cukup cepat sehingga skornya cukup positif. Kita tunggu sampai pola bearish wedge sektor finansial pecah dan koreksi sektor ini mengalami percepatan.

EOWI Portfolio

(klik gambar untuk memperbesar)


Chart 4 (klik gambar untuk memperbesar)


Chart 5 (klik gambar untuk memperbesar)


Chart 6 (klik gambar untuk memperbesar)


Chart 7 (klik gambar untuk memperbesar)


RECO BARU
Short Sektor Yang Sekarat

Dengan adanya TV dan internet, sektor manakah yang mengalami pukulan dan perlahan-lahan mati? Sektor surat kabar dan majalah!. EOWI dibaca oleh 1500 pengunjung setiap minggu – setiap terbitan. Orang yang tidak gap-tek (gagap teknologi) lebih banyak menghabiskan waktunya browsing internet dari pada majalah dan surat kabar. Surat kabar adalah untuk orang yang tidak punya komputer dan tidak bisa pakai internet. Bahkan dengan adanya blog, saingan surat kabar bertambah. Blogpun sekarang sudah dipasangi advertensi. Murah lagi. Advertensi banyak diserap internet. Itu di US. Serangan internet di Indonesia mungkin belum seberat di US. Tetapi hal yang sama akan terjadi tidak lama lagi. Begitu generasi ABG gaptek (angkatan babe gue yang gaptek) hilang, boleh dikata surat kabar akan memudar.

USAToday adalah surat kabar dengan brading yang kuat di US......, ooh branding tidak menjamin hidup-matinya sebuah perusahaan. Gannett, penerbit USAToday, sudah lama – katakanlah 4 tahun terseok-seok. Sahamnya, GCI, selama 4 tahun ini mempunyai trend meurun (Chart-8). Dan itu menurut perkiraan kami akan terus menurun. Kalau pada masa bull-market 2004 – 2007 GCI secara konsisten turun, kenapa sekarang harus naik? Secara fundamental GCI teruk, kata orang Malaysia. Ini data-data yang kami peroleh dari internet Yahoo Finance, saingan USAToday:

Operating Margin: -22.84%
Return on Equity: -20.96%
Revenue Growth: -10.20%
EPS : -7.03
Total Cash : 577 juta
Hutang : 4.32 milyar
Dividen : 1.60 per share (total: $ 365 juta per tahun)

Pengelola GCI adalah gila. Dengan EPS yang negatif, masih mau membagikan dividen. Arti dividen bukan lagi pembagian keuntungan tetapi pengrogotan asset dan kapital. Dividen yang diperoleh dengan menggrogoti asset inilah yang membuat saham GCI masih bertahan di atas $10. GCI harus diinfus dengan hutang terus menerus, kalau tidak operting cashnya akan termakan dan perusahaan menjadi insolvent. Sejak krisis liquiditas ini, untuk memcari hutangan akan sulit. GCI akan mengalami kesulitan mencari hutang seperti Lehman Brothers dan akhirnya semaput kalau belum bisa disebut mati. Dengan kata lain GCI sedang melakukan bunuh diri perlahan-lahan. Oleh sebab itu perlu kita bantu melalui short sell. Maksud kami, mengambil kesempatan atas kegilaan orang. Kami perkirakan Gannet akan bangkrut 1-2 tahun mendatang. Ramalan orang sinting atau orang waras, entahlah. Oleh sebab itu kita akan melakukan short.

Secara teknikal, saat ini saat yang tepat untuk masuk di posisi short GCI. Saham GCI selalu tertahan oleh MA50D. Saat ini GCI membentur MA50D nya. Saat yang optimum untuk masuk.


Chart 8 (klik gambar untuk memperbesar)

Short GCI dengan put $15 Jan 2010 (WHJMC). Pada hari Jumat lalu harganya di $ 3. Kami pikir option ini bisa di ambil di harga $ 3.10 - $ 3.20. Limit order sampai $ 3.50. Andaikata GCI bisa mencapai $5 atau penny stock sebelum January 2010 maka intrinsik valuenya adalah $ 10 - $15. Tetapi jika pada Jan. 2010 harganya di atas $ 15 maka option anda hangus.

Trading Di Sektor Yang Oversold
Sektor komoditi telah beberapa minggu ini mengalami tekanan jual yang dahsyat. Tetapi tekanan jual ini nampaknya sudah menyurut dan ponya potensi rebound. Oleh sebab itu sektor ini bagus untuk permainan jangka pendek.

Option yang akan kita mainkan ialah Barrick (ABX). Call ABX $30 Jan 2009 (ABXAF). Kami berhasil memperoleh di harga $2.80 tadi malam. Harga pada penutupan ialah $3.50. Kalau bisa ambil di harga $3.20, jangan lebih.




Chart 9 (klik gambar untuk memperbesar)

Catatan: Koreksi di sektor emas dan logam mulia sangat parah dan telah merusak pola bullsih jangka menengah. Pada saat ini sektor emas dan logam mulia memasuki periode cyclical bearish dalam secular bull market. Untuk bisa untung dalam trading di masa ini, diperlukan kecepatan bereaksi. Jangan harap bisa untung terlalu banyak. Istilah komunitas saham KSC (KubSaham.Com) ialah nyopet, hit and run.

Sampai disini dulu.....,

Jakarta 13 September 2008.

Disclaimer: Ekonomi (dan investasi) bukan sains dan tidak pernah dibuktikan secara eksperimen; tulisan ini dimaksudkan sebagai hiburan dan bukan sebagai anjuran berinvestasi oleh sebab itu penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan karena mengikuti informasi dari tulisan ini. Akan tetapi jika anda beruntung karena penggunaan informasi di tulisan ini, EOWI dengan suka hati kalau anda mentraktir EOWI makan-makan.

1 comment:

Finance said...

Pak Imam, sekali-kali dong ngebahas tentang obligasi juga, kayanya lagi rame yah?
thanks