___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Doa pagi dan sore

Ya Allah......, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari tekanan hutang, pajak, pembuat UU pajak dan kesewenang-wenangan manusia.

Ya Allah......ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim dan para penarik pajak serta pembuat UU pajak selain kebinasaan".

Amiiiiin
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________

Tuesday, January 1, 2008

MONITORING KRISIS EKONOMI - XVIII

(Awal Tahun 2008)

BEAR MEMBUKA TAHUN 2008


Topik Kali Ini
EFFEK JANUARI YANG MERAGUKAN
YEN CARRY TRADER BALIK KANDANG LAGI
DOLLAR MELEMAH LAGI
RALLY DI SEKTOR EMAS MASIH HIDUP
CHINA SUDAH BEARISH

Review kali ini pendek saja. Minggu depan kalau sempat akan membuat analisa dan prediksi pasar untuk tahun 2008, walaupun sebagian udah diuraikan dalam artikel lalu (http://ekonomiorangwarasdaninvestasi.blogspot.com/2007/12/akhir-tahun-2007-review-pasar-modal.html).

EFFEK JANUARI YANG MERAGUKAN
Nampaknya Mr.Bear dan Mr. Bull akan berebut membuka tahun 2008, mungkin untuk mengusir tikus yang menjadi zodiak Cina. Rupanya Mr. Bear dan Mr.Bull sama-sama tidak suka tikus berkeliaran. Secara teknik (TA) tidak ada arah yang jelas. Kekuatan-kekuatan pasar saling beradu untuk mendominasi pasar, kecuali kecuali sektor emas yang nampak bullish. Pandangan Ini bisa saja berubah karena volume trading selama natal dan tahun baru sangat tipis dan tidak banyak yang ikut berpartisipasi.

Sektor Finansial nampak sudah mencapai titik pessimisme terendah dan kemungkinan akan berbalik arah menjadi bullish (Chart-1).



Chart 1


Sektor teknologi Nasdaq, nampak sudah ada pembalikan arah dari bearish ke bullish (Chart-2). Jadi peluang akan adanya rally di bulan Januari 2008 semakin besar.



Chart 2


Saya ragu terhadap adanya rally di bulan Januari 2008 ini, karena beberapa indikator lainnya menunjukkan ke arah suasana yang bearish. Kita akan lihat di bagian berikutnya.


YEN CARRY TRADER BALIK KANDANG LAGI
Indeks Yen sudah menunjukkan adanya pembalikan arah (Chart-3). Indeks Yen telah membentur supportnya dan membentuk pola bullish candlestick reversal morning star. Diharapkan dalam 3-8 minggu ke depan, Yen akan terus menguat.


Chart 3 (Klik untuk memperbesar)

Dengan menguatnya Yen, otomatis Yen Carry Traders akan keluar dari pasar, sehingga pasar akan dibuatnya bearish. Signal ini diperkuat juga dengan indikator Yen:Euro. Yen juga akan menguat terhadap Euro (Chart-4).


Chart 4 (Klik untuk memperbesar)

Nampak antara signal Yen Carry Traders dengan Bullish percentage tidak seiring. Jadi saya simpulkan kalau ada rally Januari, maka rally ini sangat cepat, Mungkin lemah dan cepat mati. Oleh sebab itu saya tidak terlalu antusias untuk mengambil posisi kecuali di sektor emas.


DOLLAR MELEMAH LAGI
Dalam tulisan yang lalu , walaupun ada front page reversal indicator tentang dollar yaitu dimuatnya artikel bearish di halaman muka majalah the Economist, saya berpendapat bahwa saya meragukan adanya rebounce dari US dollar. Alasannya bahwa tidak ada faktor TA dan fundamental yang mendukung.
(http://ekonomiorangwarasdaninvestasi.blogspot.com/2007/12/monitoring-krisis-ekonomi-xiv.html)

Ternyata bahwa US dollar hanya mengalami rally pendek dan lemah (Chart-5). Dan saat ini sudah ada tanda tanda pembalikan arah kembali ke bearish. Hal ini memperkuat sentimen pada rally di sektor emas.


Chart-5 (Klik untuk memperbesar)


RALLY DI SEKTOR EMAS MASIH HIDUP
Rally di sektor emas dan perak masih hidup, baik itu di emas/peraknya maupun juga saham emas/perak (Chart-6 dan Chart-7). Kemungkinan nafasnya masih panjang. Sampai saat ini masih belum ada tanda-tanda kejenuhan. Sebagai indikator kejenuhan rally saya menggunakan “daily reach” dari Kitco.Com yang bisa dilihat di Alexa.Com. Dari pengalaman yang lalu, level daily reach dimana spekulator amatiran dan publik mulai ikut bermain adalah 0.8 ke atas. Saat ini baru mencapai 0.3. Jadi masih jauh dari fase spekulasi, atau fase jenuh (Chart-8). Jadi bisa disimpulkan bahwa rally di sektor emas masih bisa berlangsung lama.


Chart 6 (Klik untuk memperbesar)


Chart 7 (Klik untuk memperbesar)



Chart 8 (Klik untuk memperbesar)

CHINA SUDAH BEARISH
Saya melihat bahwa bursa saham Cina sudah menunjukkan pola bearish. Koridor trading yang bearish (menurun) sudah terbentuk (Chart-9). Setiap koreksi selalu diikuti dengan naiknya volume, sedangkan pada saat indeks menanjak, volumenya tipis dan menurun.

Saya pikir bulls di bursa Cina tidak menunggu sampai pesta Olimpiade Beijing selesai di musim panas ini. Mau mengambil posisi short? Taruhan yang menarik. Put option dari ETF FXI bisa dijadikan jalan untuk melakukan short bursa Shanghai.

Chart-9 (Klik untuk memperbesar)

Sampai disini dulu, selamat tahun baru 2008. Semoga anda mendapat sukses ditengah resesi 2008.

Jakarta 1 Desember 2007.

No comments: